Sunday, 12 February 2017

Cara Membeli Tiket Kereta di India



Pada post sebelumnya saya sudah share itinerary ke India, sebenernya itinerary tsb saya combine dari beberapa blogger yang share itinerary perjalanan mereka di blog/website. Oke setelah itinerary lengkap kita mulai browsing dan booking akomodasi hotel dan transportasi disana.  Untuk booking hotel bisa dibilang mudah karena banyak situs atau apps seperti agoda, booking.com dan lainnya. Kamu tinggal bandingin penawaran yang paling murah di antara penyedia layanan tsb. Untuk transportasi seperti kereta api butuh sedikit effort karena caranya tidak semudah booking kereta di Indonesia 😊

Saat travelling ke India, saya mengunjungi 6 kota selama 10 hari, untuk menghemat waktu saya memilih menggunakan pesawat dan kereta. Tiket kereta di India harus dibeli jauh-jauh hari sebelumnya jika tidak bisa kehabisan alias sold out 😞 Kenapa bisa sold out ? Karena kereta merupakan alat transportasi yang popular di kalangan traveler maupun warga lokal di India yang jumlahnya sampai 1 milyar. Kereta di India merupakan pilihan transportasi yang bisa menjangkau seluruh pelosok dari kota paling selatan sampai utara dengan harga cukup murah dan relatif aman. Oleh karenanya persaingan dalam memperoleh tiket kereta api sangatlah ketat.



    Ini penampakan kereta di India.

Kereta di India dibagi menjadi 8 kelas yaitu General, chaircar, sleeper class, 2nd sleeper class, AC chair car, 3rd AC, 2nd AC and First AC. General class adalah gerbong umum dan hanya menyediakan tempat duduk dan harganya sangat murah. Saya gak nyaranin pake general class, selain padat dan jorok, juga banyak copet yang berkeliaran. Jadi bagi kamu yang cewek sebaiknya menggunakan kereta dengan kelas minimal 3rd AC karena lebih nyaman, aman dan bersih.

Cara booking tiket di India bisa dibilang susah-susah gampang, susah karena  persaingan yang ketat tersebut dan bisa dibilang gampang karena kita tidak usah langsung beli ke stasiun melainkan melalui sistem booking online. Tiket kereta di India bisa dibeli di cleartrip.com, ini merupakan situs seperti traveloka dimana kamu bisa memesan tiket kereta, pesawat, bus dan hotel. Pemesanan tiket kereta di India dibuka sejak 60 hari sebelum hari keberangkatan. Apabila kamu travelling pada hari besar/libur di India seperti Holi Festival dan Diwali persaingan untuk membeli tiket kereta pasti akan semakin tinggi karena turis dari berbagai negara lain juga akan berlibur ke negara Bollywood  ini. Jadi lebih cepat lebih baik kalau kamu memang sudah punya rencana yang pasti.

Berikut beberapa step yang harus dilakukan saat membeli tiket kereta :
1. Buka situs cleartrip.com
2. Register di situs tersebut, bisa menggunakan email atau connect Facebook
3. Setelah register, kamu bisa coba tes booking tiket kereta yang akan kamu booking. Setelah mendapatkan hasilnya langsung ‘check availability’ dan nanti akan terbuka halaman untuk mendaftarkan akun IRCTC (Indian Railway Catering & Tourism Corporation).

4. Isi formulir untuk sign up akun IRCTC dan pada bagian ‘Your Mobile No.’ boleh ditulis asal-asalan saja.
5. IRCTC (ticketadmin@irctc.co.in) akan mengirimkan email bahwa registrasi sudah berhasil.

6. Untuk mengaktifkan akun IRCTCC, kamu harus konfirmasi email dan butuh kode OTP. Karena sebelumnya kita memasukkan nomor mobile yang tidak benar jadi kita harus minta kode OTP ke customer service IRCTC (care@irctc.co.in) melalui email, berikut contohnya :        

Hi,

I want to ask for Mobile OTP for IRCTC because I don't have India phone number. In this email i attached my ID (passport). This is my data:
Username irctc  : 
Name                 :
Country              :

Thank you

7. Customer service dari IRCCTC cukup cepat dalam merespon email, dalam hitungan kurang lebih 15-30 menit kode OTP sudah dikirim. Berikut email balasannya.


8. Masukkan kode tersebut di akun cleartrip.com yang telah dibuat dan setelah verifikasi berhasil, kamu sudah bisa memesan tiket kereta di IRCTC. Yeaaay 😎

Saat booking kereta jangan lupa perhatikan jenis status-nya ya apakah available, RAC, Waitlist, tourist quotas, general, tatkal, etc. Lebih baik membeli tiket yang statusnya available, untuk status RAC dan waiting list cukup beresiko. Saat itu saya pernah membeli tiket dengan status waiting list dan berharap ada yang cancel, ternyata sampai dengan hari ke berangkatan statusnya masih sama, sehingga saya harus membeli tiket langsung di stasiun dengan menggunakan tourist quota (kalo gak salah harganya lebih mahal).

Setelah proses booking selesai sampai dengan pembayaran, kamu akan di-email oleh cleartrip berupa tiket yang harus diprint sebelum berangkat ke India. Tak seperti di Indonesiayang harus check-in, naik kereta di India cukup masuk ke gerbong dan saat perjalanan akan diperiksa bukti pemesanannya oleh petugas. Apabila tiket dengan kereta tidak sesuai kemungkinan terburuk adalah kamu akan diturunkan pada stasiun berikutnya, jika petugasnya baik mungkin kamu akan dibiarkan melanjutkan perjalanan. Jadi hati-hati ya saat mau naik gerbong perhatikan apakah kereta yang kamu naiki sudah benar karena line kereta di India bisa berpuluh-puluh line. Yeaay, sekian dulu cara booking tiket kereta di India yang sedikit tricky, semoga berguna ya 😊




3 comments:

  1. Kak aku rencananya bulan november nanti mau ke mumbai. web cleartrip kok gabisa dibuka ya. udah berkali kali aku coba gabisa buka web nya.

    ReplyDelete
  2. halo selamat malam mba, mau tanya untuk pembayaran tiket di cleartrip itu bisa pake VCC ga ya? karena saya masih pelajar jadi belom punya credit card. tolong dijawab ya mba. terima kasih

    ReplyDelete
  3. Mau tanya mbak.
    1. No hp yg kita masukkan tuh asalan nomor indo atau nomor india gitu yg kita masukkan? Contoh kalau nomor indo kan mesti kita masukkan kose negara gitu. Kalau india juga awalnya akan kita masukkan kode negara india. Atau bebas mau buat nomor apa za gak meati ada kode negara?

    2. Tuh status tiket yg di beli, pas kita mau pesan audah ada tampilan status tiketnya? Jd kita tinggal pilih yg available gitu? Atau siatem yg menentukan nya? Dapat yg available ya syukur, dapat yg waiting list, ya sabar za lah ya mbak?
    3. Tuh bayarnya begitu pesan langsung bayar atau gimana ya mbak? Atau bayar nya stelah tiket comfirmed?
    Misalkan status tatkal atau gak dapat tiket, yg awalnya yg sempat sudah kita bayar dan ternyata gak dapat tiket, tuh uang kita yg bayar tiket td dipulangkan gak ya mbak?

    ReplyDelete